Tujuan dan Fungsi Koperasi


Pengertian Badan Usaha

Kesatuan yuridis ekonomis yang mendirikan usaha untuk mencari keuntungan. Kesatuan yuridis ekonomis ini didirikan oleh seorang atau sekelompok orang yang saling bekerja sama dalam bidang ekonomi untuk mencari keuntungan dengan mendirikan sebuah perusahaan yang menghasilkan produk berupa barang maupun jasa secara efektif dan efisien.

Koperasi Sebagai Badan Usaha

Koperasi dapat dikatan sebagai badan usaha, dikarenakan koperasi didirikan oleh sekelomok orang yang memiliki kegiatan dan tujuan ekonomi yang sama dengan membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan tanpa mendirikan sebuah perusahaan. Produk yang dijual di koperasi dapat berupa barang ataupun jasa.

Tujuan dan Nilai Koperasi

Karena koperasi merupakan salah satu badan usaha, maka tujuan dari koperasi selain mensejahterakan anggotanya juga untuk memaksimumkan keuntungan, memaksimalakan nilai perusahaan, dam meminimalkan biaya. Seperti badan usaha lainnya, koperasi ingin mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Agar selain bisa mensejahterakan rakyatnya, usaha yang terjadi dalam koperasi bisa meningkat. Memaksimalkan nilai perusahaan maksudnya untuk membuat kualitas perusahaan lebih baik dan mencapai tingkat maksimal. Para perndiri koperasi beserta para anggotanya bersama-sama membuat kualitas dari koperasi mereka menjadi lebih baik. Meminimalkan biaya merupakan tujuan koperasi sebagai badan usaha untuk dapat memproduksi suatu produk agar dapat menghasilkan laba yang maksimal.

Nilai-nilai yang terkandung dalam koperasi dapat dibedakan menjadi nilai-nilai etis dan fundamental. Nilai-nilai etis bertitik tolak dari nilai-nilai pendiri koperasi, yaitu kejujuran dan keterbukaan. Nilai-nilai fundamental lebih bersifat universal, yang berarti berawal dari semangat umtuk memperbaiki nasib diri sendiri dengan prinsip tolong-menolong. Nilai-nilai fundamental sendiri terdiri dari self help (menolong diri sendiri), self-rensposibility (tanggung jawab terhadap diri sendiri), democracy (demokrasi), equality (persamaaan), equity (keadilan), dan solidarity (solidaritas).

Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi

Pada umumnya tujuan koperasi merupakan untuk mensejahterakan anggotanya. Selain itu, koperasi juga merupakan sebuah badan usaha dimana sebuah badan usaha mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Jadi, untuk dapat mensejahterakan para anggotanya, koperasi sebagai badan usaha harus bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya melalui usaha yang dilakukan bersama.

Teori dan Fungsi Laba

Laba sering diartikan ssebagai keuntungan lebih yang didpat dari hasil penjualan. Dalam koperasi, laba merupakan hasil dari partisipasi atau transaksi anggota dengan koperasi. Fungsi laba dapat dilihat apabila suatu perusahaan mendapatkan laba yang tinggi, maka konsumen mempunyai permintaan yang tinggi akan produk yang dihasilakan oleh perusahaan tersebut. Apabila laba yang didapat perusahaan rendah, maka konsumen memiliki permintaan rendah terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam koperasi, laba tinggi memperlihatkan paritisipasi anggota yang besar terhadap koperasi. Sedangkan laba rendah memperlihatkan partisipasi rendah anggotanya.

Kegiatan Usaha Koperasi

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam koperasi adalah memproduksi barang, simpan pinjam modal, jual beli produk, dan lain-lain. Kegiatan koperasi di bidang produksi umumnya usaha kecil sampai menengah. Para produsen ini dikumpulkan agar ada komunikasi antar sesama anggota, sehingga barang yang dihasilkan kualitasnya lebih bagus. Simpan pinjam merupakan kegiatan koperasi yang sering ditemui karena peminatnya yang banyak. Karena banyak sekali orang-orang yang ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki modal yang cukup, sehingga koperasi menyediakan dana untuk modal usahanya tersebut tanpa ada bunga, dan kalaupun ada bunganya sangat kecil agar dapat mengembalikan pinjaman dengan mudah. Jual-beli produk yang dilakukan di koperasi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran. Karena agar warga yang kurang mampu dapat membelinya dan tidak untuk menyusahkan anggotanya.

Sumber :

http://manajemen-koperasi.blogspot.com/2008/09/koperasi-pengertian-koperasi-indonesia.html

http://riyanikusuma.wordpress.com/2011/10/10/tujuan-koperasi-2/

http://ssbelajar.blogspot.com/2012/08/pengertian-dan-fungsi-badan-usaha.html

http://www.suaramerdeka.com/harian/0407/12/opi3.htm

http://rhinii.wordpress.com/2011/12/30/fungsi-laba/

http://www.anneahira.com/kegiatan-koperasi.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s